Tuesday, May 26, 2009

.4 months

Hore, Josh udah 4 bulan! Hehe. As usual, hari ulang-bulan *maksaaaa* ditandai dengan:

Imunisasi.

Kasian yah, tiap bulan harus disuntik, tapi ya demi kesehatan deh. Kali ini imunisasi IPD - untuk Pneumokokus. Sepanjang pagi sebelum ke dokter, gue dan Anton diwanti-wanti terus sama mertua untuk jangan ngasih vaksin di luar yang diwajibkan. Ya, benernya IPD ini ga wajib sih - cuma dianjurkan, tapi kita cuma iya-iya aja. Abis susah banget dari dulu dijelasin ga ngerti-ngerti bahwa vaksin IPD ini penting banget. Di negara maju kayak Amerika dan Australia, vaksin ini termasuk yang wajib. Kenapa di Indonesia belum wajib? Karena mahal! Pemerintahnya belum sanggup *mugkin benernya sanggup kali ya, tapi ga rela aja ngeluarin duitnya haha* untuk mensubsidi. Harganya aja Rp 850,000 (bervariasi sih tergantung rumah sakitnya). Jadi lah gue dan Anton sepakat mengemban misi 'Diam-Diam' hehe.

Oops rada telat nih sampai rumah sakitnya, tapi ternyata dokternya baru nongol jam 2.30pm! Doh, untung Josh ga rewel, cuma perlu diajak jalan-jalan aja.

BB: 7,4kg (naik 0,7kg - kata dokter: cukup kok).
TB: 66cm (naik 2cm, tapiiiii menurut catatan susternya, bulan lalu tuh Josh 60cm, bukan 64cm. Padahal gue yakin banget dengernya 64cm. Well, anyway, yang penting tetep bertambah deh panjangnya).

Setelah disuntik *duh, Josh pinter deh, nangisnya cuma bentar*, dimulai lah sesi tanya jawab. Jreng jreng, kali ini gue udah siap dengan buku catatan hihi.

Q: Kok belakangan Josh suka garukin telinga kiri ya? Kenapa sih. Jangan-jangan infeksi telinga. Soalnya kalau gue baca, salah satu gejala infeksi telinga ya suka garukin telinga dan nafsu minum susu berkurang karena pas nyedot, telinganya ga enak. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, Josh kalau minum air putih kok ya tetep semangat.
A: Telinga kirinya kotor hihihihi. Ih, bukannya gue mama yang jorok loh. Tapi kan gue cuma bisa ngeliat kotoran yang agak luar *itu yang bakalan gue korek*, dokternya kan curang, pakai senter haha.

Q: Dua bulan yang lalu, 'bola'-nya Josh dibilang masih berair. Sekarang?
A: Udah enggak tuh. Hore.

Q: Nafsu minumnya berkurang banget niiih.
A: Oh, dikurangin aja 'porsinya' tapi jaraknya dibuat lebih deket. Mungkin dia lambungnya mini hihi. Kurang nafsu makan aja beratnya tetep nambah yah hehe.

Q: Kemarin imunisasi 5in1 apa aja sih? Bukannya DTP 1-3? Kok bulan depan diulang lagi? Harusnya cuma 3x kan?
A: Oalah, si mama. Bukan DTP1, 2, 3 tapi D, T, P + Hib + Polio. Jadi lah 5in1 haha. Ya maap dong, gue kan bukan dokter. Bwee.

Q: Denger-denger vaksin Polio tuh lebih bagus yang oral (OPV) dibanding injection (IPV) ya? Apalagi buat di Indonesia yang masih masuk negara endemi Polio *gaya banget ya gue, seakan pernah sekolah dokter aja haha*.
A: Lebih bagus lagi kalau di-combine. Jadi pernah dapet yang oral dan yang injection juga. Josh waktu awal udah dapet yang oral, jadi sekarang kalau mau yang injection boleh-boleh aja.

Sekian. Pasien si dokter udah banyak yang antri, kasian hihi. Jangan-jangan gue tipe ibu-ibu yang kalau ambil rapot anaknya bakalan laamaaaaa banget ngoceh sama gurunya *tok tok tok*

Oya, pesan bu dokter: beberapa anak mungkin akan panas setelah divaksin IPD nih.

Dan, bener aja. Josh panas tadi pagi! Aduh, sedihnya. Kasian banget liatnya. Nangisnya pun ga ala Adam Lambert lagi, melainkan tangis lirih gitu. Trus kayaknya lemeeesss banget. Untung dokternya udah bilang, kalau enggak pasti panik deh gue. Apalagi pas diukur, suhu badannya 38 derajat! Ugh. Kata dokter, kalau di atas 37,5 boleh dikasih Tempra. Ya udah langsung gue kasih deh.

Ajaib, ga lama, suhunya langsung turun. Badannya udah ga panas lagi. Masih anget sih tapi at least Josh udah ga cranky. Bagus deh. Plus lagi, tangan gue udah gempor. Soalnya tu anak jadi kolokan, tadi cuma mau digendong sama gue. Cup cup.

Lalu sekarang... Adam Lambert is back! Haha. Udah ceria lagi tuh dia. Bisa ketawa-ketiwi, tengkurep, dan pastinya... teriak dong.

*aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

No comments: