Monday, May 04, 2009

.lah?!

Belakangan ini gue tambah pusing dengan ulah mertua gue yang amat sangat protektif sekali sama Josh. Gile itu anak bener-bener dimanja banget. Sebelnya, gue ga bisa ngomong apa-apa ke mertua gue. Ga enak sih tepatnya. Jadi ya seringnya gue minta Anton yang jadi juru bicara hehe. Maaf ya, babz, kamu kena ga enaknya. Abis siapa lagi yang bakal didengerin. Itu pun kadang-kadang masih dibantah dengan semangatnya.

1. Dulu waktu Josh masih newborn (segede guling bayi hihi), mertua gue bilang, "Kalau nangis jangan langsung diangkat, ntar kebiasaan." Gue sih nurut karena gue setuju. Lalu, siapa tuh yang lari tergopoh-gopoh masuk kamar kalau Josh nangis? Ya mertua gue. Biasanya dia bakal bilang, "Kenapa?" Kesannya gue apa-apain gitu. Terus dia sendiri yang langsung gendong. LAH?!

2. Entah kenapa Josh tuh demen banget air putih. Padahal maksud awalnya kan cuma buat cuci mulut kalau abis minum susu. Tau deh kenapa terus dia bisa 'nagih' air putih. Kalau rewel, dikasih susu ga mau, tapi dikasih air putih langsung nyedot dengan semangatnya dan ga lama langsung bobo.

Gue baca disana sini bahwa bayi tuh ga boleh kebanyakan air putih. Jadi kalau Josh nangis biasa gue usaha dulu gendong-gendong buat diemin dia sampai dia bener-bener teriak baru gue kasih. Tapi kalau sama mertua, begitu dia mewek dikit, langsung deh air putih tersedia.

Pas gue (tepatnya Anton sih, bukan gue hehe) bilang kalau bayi ga boleh banyak minum air putih. Dia ngotot bahwa air putih tuh bagus. Ya kalau buat orang gede sih bagus, tapi buat bayi kayaknya ga punya efek yang sama deh. Berakhir dengan dia ngotot nyuruh gue nanya ke dokter.

Tentu aja dokter gue bilang juga jangan banyak-banyak dikasih air putih. Baru deh mertua gue nurut. Tapi.... katanya, "Kalau dikit mah gapapa." LAH?!

3. Kepala Josh belum tegak! Hiks, sedih banget gue. Mustinya umur segini kan udah bisa tegak. Kemarin pas ke dokter, langsung ditegor deh gue. Eh, bukan ditegor sih, tepatnya dikasih tau, tapi gue merasa bersalah banget sebagai ibu karena ga pernah ngotot ngelatih Josh tengkurep. Lalu gue bertekad mulai besok Josh HARUS ditengkurepin min. 10 menit setiap hari.

Sayangnya, gue kan kerja, jadi gue cuma bisa mewanti-wanti susternya untuk tengkurepin dia pas pagi atau siang. Kalau sore biasa Josh udah ngantuk, jadi dia pasti ga mau ditengkurepin. Apa yang terjadi? Suster gue bilang Josh ga boleh ditengkurepin sama mertua gue karena k.a.s.i.a.n. LAH?!

4. Sejak jadi mama, prioritas belanja gue berubah, bukan lagi buat gue tapi buat Josh. Gue bisa hyper berat kalau liat barang-barang bayi sementara untuk barang gue sendiri cuma gue beli kalau butuh. Look at how being a mom really changed me? Hehe. Jadi hampir tiap ada kesempatan belanja, gue selalu pulang dengan membawa oleh-oleh buat Josh :)

Sabtu kemarin gue beli hiasan untuk pinggiran crib (ga tau apa namanya), bentuknya kayak buku tapi ga ada ceritanya, cuma gambar-gambar rame aja. Ada yang bisa bunyi, ada yang bisa ditarik, ada yang ada cerminnya, dll. Langsung dong Minggu pagi gue taruh di crib Josh sambil mikir-mikir, kira-kira ada komen apa ya dari mertua.

Bener aja kan, siangnya dia langsung bersabda, "Itu mainannya jangan ditaruh di samping, nanti dia ngelirik ke samping terus. Mending taruh di ujung aja." LAH?!

5. Believe it or not, sampai usia Josh yang sekarang ini, dia belum pernah dibawa keluar selain ke rumah sakit! Kasian ya anak gue. Moga-moga ga norak deh dia kalau one day gue bawa keluar hihi. Alasan mertua gue karena Josh masih belum ngerti apa-apa. Tapi menurut gue, dia musti ngeliat dunia luar walau dia masih seuprit gitu.

Oke lah kalau alasan dia takut Josh ketular orang sakit. Tapi masa mau gue bawa ke rumah bonyok aja ga boleh. Katanya kejauhan. Gile, kayak rumah bonyok gue di ujung dunia gitu, padahal cuma antara Kelapa Gading sama Tomang. "Ntar aja dibawa keluar kalau udah 6 bulan." LAH?!

Plus segudang keajaiban lainnya.

Ada-ada aja kan tuh ulah mertua gue. Kadang pusing ngadepinnya tapi kalau udah inget perhatian dia selama gue hamil, ya gue pasrah deh. Gue tau juga sih bahwa semua itu dia lakukan karena dia sayang, tapi kadang menurut gue too much aja. Sabar lah sabar. Hopefully dengan gue part time, gue bakal lebih bisa 'menguasai' Josh hihi.

Untuk sementara, ambil sisi positifnya aja: Gue dan Anton bisa puas jalan-jalan karena ada mertua yang jagain Josh di rumah.

*kapan-kapan bawa kabur Josh ah...

2 comments:

anya said...

well kehidupan berkeluarga ya nas... ternyata ngga kayak dulu yang taunya cuma hahahihi :P

mizmodern said...

hihihi iyaaa.. tapi biar gimana pun tetep give thanks deh ;p