Monday, June 15, 2009

.my restaurant city

Ada game baru di Facebook. Baru keluar bulan April 2009 ini. Sayangnya masih beta nih. Namanya Restaurant City (RC). Game-nya sih simple banget. All you have to do is collecting ingredients. Ceritanya kita kayak punya restaurant gitu lah. Kita bisa decide siapa aja pegawainya (ada yang jadi cook, waiter, dan... cleaner hehe), apa aja menunya dan interior restaurant-nya.

Ini nih sekelumit tentang game-nya:

1. So far levelnya baru ada 27. Yang udah sampai level 27 ya stuck aja disitu. Point tetep nambah tapi level ga naik-naik. Maklum masih beta hehe. Motivasi pas masih di level bawah tentu aja naikin level, karena tiap naik level either kita dikasih kuota untuk nambah staff atau restaurant-nya jadi tambah gede (tergantung naik ke level berapa). Gue udah sampai level 27, jadi motivasi sekarang ya cuma ngumpulin ingredient.

2. Tiap restaurant bakalan ada menu Starter, Main dan Dessert. Masing-masing punya lebih dari 10 menu. Nah, kita bisa pilih mau ngumpulin menu yang mana. Kalau mau lebih cepet sih pilih dari Starter, Main dan Dessert masing-masing satu dulu. Tiap menu yang kita pilih ini harus dinaikin levelnya jadi 10. Kalau udah 10, baru deh pindah ke menu lain.

3. Tiap menu, ingredient-nya tentu aja beda-beda. Nah, tugas kita adalah ngumpulin ingredient ini. Disini susahnya hehe. Dulu, cara kita dapat ingredient adalah dengan masuk ke restaurant temen (the first time ever we enter a friend's restaurant, we will get a free ingredient), daily free ingredient dan daily food quiz (tapi kalau salah jawab ya ga dapat). Selain itu silahkan aja tukar-tukaran ingredient dengan teman lain. Sekarang udah lebih enak karena juga ada RC Market, jadi mereka jual 3 ingredient yang tiap hari berubah walau dengan harga agak mahal (ya iya lah, kalau murah kan ga seru lagi dong mainnya).

4. Serunya, kita bisa ngedandanin restaurant kita sesuai selera masing-masing. Jadi secara ga langsung, hobi belanja dan keinginan ber-interior-design-ria gue terpuaskan hihi. Ga cuma tampilan dalam, tampilan luar juga bisa diubah-ubah. Paling seneng kalau ada item baru. Langsung deh mata berbinar-binar karena bisa belanja :D Lucu-lucu loh barang-barangnya. Ada toilet dan wastafel pula.

5. Ga cuma itu, kita juga bisa dandanin avatar kita. Gue udah pernah 3x ganti style avatar, tapi tipe avatarnya sih tetep sama, yang beda kostumnya (see, serasa belanja kan hehe). Ide avatar-nya dari komik Min Min yang jaman dulu tuh. Pada baca ga sih? Lucu deh hehe. Rambut dicepol, cuma mukanya di avatar gue jadi agak bitchy haha. Pertama kayak pegawai Chinese restaurant, pakai cheongsam segala. Kedua kayak anak sekolahan bandel di komik Jepang (mukanya pakai codet segala tuh hehe). Ketiga kayak... emms... wanita penghibur? Haha. Abis bajunya low-cut terus ada fur-nya gitu hihi.

6. Jangan lupa kita harus kasih makan staff kita. Kalau tenaga mereka berkurang terus, kerjanya juga makin lambat, dan uang yang masuk jadi makin dikit huhu. Ada trik buat nambah uang tapi dengan cara bodoh: ngambilin sampah yang kadang bertebaran atau goyangin pohon-pohon yang ada di sekitar restaurant :D Tapi yah sekali dapat cuma 1 coin doang hehe.

7. Mungkin beberapa orang bakal bosen main ini, tapi buat gue ini malah jadi pengisi waktu yang menyenangkan soalnya main ini ga pakai 'stres' (kayak kalau main diner dash atau dash-dash-an lain kan suka diburu-buru tuh). Biasa sih kalau gue: buka restaurant di pagi hari, ikut daily food quiz, tengok-tengok restaurant teman untuk lihat apa ada ingredient yang bisa di-trade terus ditinggal deh. Paling jangan lupa aja sesekali ditengok buat kasih makan staff.

8. Benernya mainnya cuma gitu-gitu aja sih hihi. Tergantung kita giat atau engga tukaran ingredient. Gue sih penasaran banget mau bikin semua menu jadi level 10 hehe.

*kapan upgrade level ya?

2 comments:

adinda said...

wahh rc nya keren bgttt, punya aku masih lvl 11an gtu, huhu susah bgt naek lvl, tmen aku GP nya baru 3000an brapa gtu, eh dgn cepet skrg udah jadi 17000an waaah aku kaget bgttt. gimana caranya yah sis ?

mizmodern said...

hei hei... gampang2 susah sih naikin GP nya. yang penting staf musti dikasih makan terus. biasanya 80% udah aku kasih makan, kalau ga kerjanya pasti lama dan GP nya susah naik. trus jangan lupa menu yang dipilih harus yang paling tinggi levelnya. apalagi ya.. mms.. usahain 1 cook untuk 3 meja aja biar ga kewalahan :P (jadi lebih banyak cook daripada waiternya gitu). waiternya juga kalau bisa dikurung kayak yang aku punya, biar dia ga mondar mandir terlalu jauh. good luck ya! hihi